MEMBUAT PROGRAM KONVERSI JAM,MENIT,DETIK KE DETIK - Program Bahasa C Tipe Data, Penamaan, dan Sekuens #2 - Tutorial Seputar Teknologi

MEMBUAT PROGRAM KONVERSI JAM,MENIT,DETIK KE DETIK - Program Bahasa C Tipe Data, Penamaan, dan Sekuens #2

Halo! 

Kali ini gw mau bahas lagi program bahasa C mengenai Tipe Data, Penamaan, dan Sekuens. Di part 2 ini, program bahasa C yang diinginkan ialah program untuk konversi waktu (jam, menit, detik) ke detik. Langsung aja, cuzz kan... 

Soal Studi Kasusnya seperti ini;
"Buatlah program untuk melakukan konversi waktu dari jam, menit, dan detik ke detik. Format input dalam program adalah Jam:Menit:Detik (contoh : 16:2:21). Setelah data diinputkan maka program akan menampilkan hasil konversi dengan format “X detik”.
Penting!! Inputan harus sesuai, yakni dengan menggunakan ":" untuk pembagi antara jam, menit, dan detiknya."

Nhah, dari soal studi kasus di atas, kita bisa liat, bahwa kita disuruh untuk membuat sebuah program untuk mengkonversikan jam,menit,detik ke satuan detik. Cukup simpel bukan?. Contoh Output yang dihasilkan dari soal studi kasus tersebut, tak beda jauh sebagai berikut, (klik gambar untuk memperbesar)


Tanpa panjang lebar, bagaimana program bahasa C yang harus kita ketikkan atau yang kita buat agar bisa mengeluarkan keluaran atau output seperti contoh itu? Silakan kalian bisa mencobanya dulu dengan menggunakan software programming seperti DevCpp, Visual Code, Code Block, dan lain sebagainya. Jika anda belum punya software programming sama sekali, dan ingin punya, gw bagiin juga ni software DevCpp yang kalian bisa download disini.

Balik lagi ke soal studi kasus di atas. Di bawah ini ialah code program bahasa C yang diinginkan sesuai dengan soal studi kasus di atas. Silakan bisa kalian cermati yaaa..

 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
13
14
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>


int main(int argc, char *argv[]) {
	int jam, menit, detik;
	
	printf("Masukkan waktu (Jam:Menit:Detik) : "); scanf("%d:%d:%d", &jam,&menit,&detik);
	
	printf("Hasil Konversi : %d detik\n", detik+(60*menit)+(3600*jam));
	
	system("pause");
	return 0;
}

Kalo kalian ingin melihat hasil dari program itu dan mencobanya langsung, bisa nih download file .exe nya, disini.

Simpel dan cukup mudah bukan?
Bila ada pertanyaan bisa langsung ketikkan pada kolom komentar okee.. 
Cukup sekian. Semoga bermanfaat. Terima kasih..


Comments

Silakan Beri Komentar
EmoticonEmoticon