ENSKRIPSI FILE WORD - CARA MENGUNCI FILE WORD DENGAN KATA SANDI - Tutorial Seputar Teknologi

ENSKRIPSI FILE WORD - CARA MENGUNCI FILE WORD DENGAN KATA SANDI

Halo!

Kalian punya dokumen atau file word penting yang gak boleh sembarang orang lihat? atau kalian ingin memastikan kalo dokumen atau file Word aman dari orang lain yang gak bertanggung jawab? Di zaman yang serba teknologi ini, kalian harus tau dan bisa untuk mengamankan file atau dokumen kalian pribadi. Di artikel ini, gw mau membagikan cara untuk mengenskripsi file atau dokumen word kalian. Bagaimana caranya? cuzz simak artikel ini lebih lanjut ya.

Saat ini, dengan cara yang sangat mudah sekaligus simpel, kalian bisa menambahkan kata sandi untuk mengunci atau mengenskripsi suatu dokumen word. Tujuan dari perlakuan ini, tak lain ialah agar dokumen word kalian gak bisa dibaca atau disunting oleh sembarang orang. Hanya orang yang memiliki akses saja yang bisa membuka dan menyunting suatu dokumen word kalian. Fitur ini sudah tersedia pada Microsoft Word 97 ke atas, namun di artikel ini gw mau membagikan  cara mengunci dokumen atau file word pada Microsoft Word 365 atau hampir sama juga tampilannya dengan Microsoft Word 2010. Kalian yang versi word nya ereda, bisa sesuaikan saja. Biasanya ga jauh beda. Oke, langsung saja berikut ini langkah-langkah yang bisa kalian lakukan :

Baca juga :

Memasang Kata Sandi untuk File atau Dokumen Word

  1. Pertama-tama, silakan kalian buka file atau dokumen word yang ingin kalian beri kata sandi atau dienskripsi. Contoh gw sbb :
    Contoh tampilan file yang ingin gw enskripsi

  2. Setelah itu, kalian klik menu "File" yang ada di bagian paling kiri atas.
    Klik menu File

  3. Kemudian, kalian cari menu "Info", setelah itu klik menu tersebut.
    Klik menu Info

  4. Pada urutan pertama, kalian pilih "Protect Document".
    Pilih protect document

  5. Setelah dipilih, maka akan muncul pilihan. Kalian pilih "Encrypt with Password".
    Pilih encrypt with password

  6. Setelah diklik, maka akan tampil tab baru, silakan kalian isi kata sandi atau password yang diinginkan.

  7. Setelah mengisikan password dan yakin, silakan kalian klik "Ok". Selesailah sudah. Kini dokumen atau file kalian itu sudah terenskripsi. Kalian bisa coba close dokumen, kemudian buka kembali, nanti akan diminta password atau kata sandi. Jika ga tau password atau kata sandi, maka dokumen itu ga bisa dibuka atau dibaca.

Menghapus Kata Sandi untuk File atau Dokumen Word

Bagaimana? apakah berhasil cara mengunci atau memasang kata sandi pada file word kalian? Kali ini, gw jg mau membagikan, gmana caranya agar file atau dokumen word kalian kembali lagi seperti sedia kala (ga terenskripsi atau terpassword). Ini juga bisa dipakai kalo kalian hanya coba-coba saja ingin mempasword file kalian tadi dan lalu ingin menghapus passwordnya kembali. Caranya simpel juga, yakni kalian tinggal ikuti langkah-langkah di atas (sama ya), trus pada bagian atau langkah nomor 6, kalian tinggal hapus saja password yang sudah terisi sebelumnya. Setelah itu klik "Ok". Jadi dah, file atau dokumen kalian kembali seperti sedia kala, dimana ga ada enskripsi atau password.


Memasang Kata Sandi untuk Akses Menyunting File atau Dokumen Word

Apabila cara sebelumnya ialah cara memberikan kata sandi atau password untuk membuka file, sekarang, gw mau bagiin cara memberikan kata sandi atau password untuk akses menyunting file atau dokumen word. Jadi, setelah tadi kalian tau cara untuk mengenskripsi file word kalian, kali ini, gw mau bagiin juga cara untuk memberi kata sandi atau password untuk akses sunting atau mengedit atau memodifikasi file atau dokumen word. Bisa dibilang langkah ini untuk kalian yang memperbolehkan siapapun melihat dokumen word kalian, tapi ga sembarang orang bisa mengedit atau menyuntingnya. Kalian juga bisa terapin ini untuk keamanan yang lebih ekstra lagi stelah kalian memasang kata sandi untuk akses membuka file atau dokumen word kalian tadi. 

Kalian bisa juga memberikan kata sandi atau password entah untuk file word nya maupun akses sunting atau mengeditnya langsung dengan cara ini. Jadi, intinya cara ini bisa untuk dua-duanya sekaligus. Berikut, cara untuk menambahkan kata sandi atau passwordnya :

  1. Langkah awal, sama dengan sebelumnya, yakni pertama-tama, silakan kalian buka file atau dokumen word yang ingin kalian beri kata sandi atau dienskripsi entah itu yang mau dienskripsi file nya ataupun akses sunting nya. Contoh gw sbb :
    Contoh tampilan file yang ingin gw enskripsi

  2. Setelah itu, kalian klik menu "File" yang ada di bagian paling kiri atas.
    Klik menu File

  3. Apabila file kalian belum tersave, kalian bisa menuju ke menu "Save", akan tetapi kalo file kalian sudah ter save, kalian pilih menu "Save As".
    Pilih menu Save atau Save As

  4. Setelah itu, apabila muncul pilihan, kalian pilih ingin menyimpannya dimana, sbb :
    Gw pilih lokasi simpan di This PC

  5. Setelah memilih, maka tampilan di sisi sebelahnya akan muncul seperti gambar berikut ini. Silakan kalian klik tulisan "More Option.." kyak yang gw lingkari merah itu
    pilih More Option..

  6. Setelah diklik, maka akan muncul tab baru, yakni tab lokasi penyimpanan. Silakan kalian berikan nama file dan tentukan letak atau lokasi yang lebih spesifik untuk menyimpan file kalian tersebut. Misalnya saja dari gambar di bawah ini, saya akan menyimpannya di "3D Objects" dengan nama file "Lorem ipsum dolor sit amet". Setelah kalian tentukan itu semua, selanjutnya ialah kalian klik tulisan atau dropbox "Tools" yang letaknya ada di sebelah button "Save" itu.
    klik tools

  7. Setelah diklik, maka akan muncul pilihan-pilihan. Silakan kalian pilih "General Options..."
    Klik General Options..

  8. Setelah kalian klik "General Options..", maka akan terbuka tab baru lagi, sperti berikut ini. Silakan bisa kalian isikan kata sandi atau password yang diinginkan. Untuk nomor 1 yang gw lingkari, itu ialah password untuk membuka file (sama dengan cara awal yang gw kasi di awal artikel ini), lalu untuk nomor 2 yg gw lingkari, itu barulah password untuk akses sunting atau edit file. Silakan kalian isikan kata sandi atau password di keduanya atau jika hanya mau salah satunya saja silakan. Kalo sudah klik "Ok".

  9. Apabila kalian mengisikan kata sandi atau password, entah di nomor 1 atau nomor 2 atau keduanya, maka setelah kalian klik "Ok", akan muncul tab untuk konfirmasi password. Misalnya saya isikan password untuk membuka file dan juga menyunting file. Maka akan ada 2 kali konfirmasi password.
    Tab konfirmasi password untuk membuka file

    Tab konfirmasi password untuk menyunting file

  10. Setelah itu kalian klik "Ok" lagi, dan klik "Save". Selesai sudah, file kalian telah dienskripsi. Kalian bisa coba close dokumen, kemudian buka kembali, nanti akan diminta password atau kata sandi agar bisa membuka file, kemudian akan diminta kata sandi atau password lagi untuk akses memodifikasi atau menyunting. Jika ga tau password atau kata sandi untuk membuka file, maka dokumen itu ga bisa dibuka atau dibaca. Sedangkan bila tau password untuk membuka file, tapi ga tau password untuk akses memodifikasi atau mengedit file, maka bisa pilih "Read Only".
    Bila ga tau password untuk akses memodifikasi, maka bisa klik Read Only
    Bila kalian ingin menghapus kata sandi atau passwordnya, maka caranya sama, tinggal kalian 
    ulangi langkahnya, trus cara atau langkah ke-8, kalian hapus passwordnya, lalu klik "Ok".
Baca juga :

Demikian cara untuk memberikan kata sandi atau password pada file word maupun untuk akses sunting file word. Bila ada pertanyaan, silakan tanyakan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat, Terima kasih..

Comments

Silakan Beri Komentar
EmoticonEmoticon