MENGENAL BAGIAN-BAGIAN CORELDRAW BESERTA FUNGSINYA - Tutorial Seputar Teknologi

MENGENAL BAGIAN-BAGIAN CORELDRAW BESERTA FUNGSINYA


Halo!
Kalian sedang ingin mempelajari dunia desain? kalian ingin belajar menggunakan software CorelDRAW? Yak, bila iya, langkah awal untuk mempelajari software ini ialah mempelajari dan memahami tools-tools yang ada pada software ini. Sebenarnya kalian tidak perlu menghafal nama-nama tools dan fungsinya satu per satu (seperti jaman SD atau SMP yang setiap pelajaran TI maka harus menghafal tools-tools dan fungsinya yang ada pada suatu program komputer, misalnya Microsoft word), kalian hanya sekedar tau dan memahaminya saja, kemudian kalian praktekkan langsung dan lakukan hal itu terus menerus, maka kalian akan terbiasa sendiri dengan tools-tools tersebut.

Baca :

Bagian-Bagian CorelDRAW beserta Fungsinya

Berikut ini, bagian-bagian yang ada pada CorelDRAW X7. Untuk versi lain, kurang lebih hampir sama ya tampilannya. 
Berikut ini bagian-bagian dan fungsi dari CorelDRAW sesuai dengan penomoran gambar di atas;
  1. Title Bar
    Area atau tempat yang menampilkan judul (title) dari dokumen yang sedang dikerjakan.

  2. Menu Bar
    Area yang menampilkan berbagai menu yang digunakan untuk mengakses seluruh fungsi-fungsi yang ada pada CorelDRAW, ini termasuk membuka file, menyimpan file, efek-efek, dan lain sebagainya.

  3. Toolbar
    Area yang berisi sebagian shortcut dari menu dan beberapa tombol perintah lainnya yang umumnya paling sering digunakan.

  4. Property Bar
    Area yang berisi pilihan properti dari sebuah fungsi toolbox yang tengah dipakai. Misalnya sedang membuat sebuah text dengan text tool, maka property bar akan menampikan tombol-tombol properti yang berisi pengaturan teks.
    saat text tool yang terpilih

    Pada saat kondisi default (tool yang terpilih adalah pick tool (panah putih), maka property bar akan berisi ukuran kertas drawing page (bidang gambar), orientasi kertas, unit yang digunakan, dan sebagainya.
    saat default (pick tool) terpilih

    Intinya, property bar akan selalu berubah menyesuaikan tool yang kita pilih di toolbox.

  5. Rulers
    Garis pengukur horisontal dan vertikal yang fungsinya ialah untuk mengetahui ukuran dan posisi dari objek yang sedang digambar atau dibuat.

  6. Docker
    Jendela yang berisi arah dan pengaturan yang dapat diakses pengguna. Area ini berfungsi untuk menampilkan informasi mengenai pengaturan seputar alat (tool) yang sedang digunakan.

  7. Color Paletts
    Area atau bagian yang menampilkan daftar pilihan warna yang dapat digunakan untuk mewarnai suatu objek atau gambar yang sedang dibuat.

    Baca :
    CARA MENAMBAHKAN PALET WARNA SENDIRI DI CORELDRAW

  8. Drawing Window 
    Area yang berada di luar Drawing Page. Area atau bagian yang befungsi untuk mempermudah dalam membuat sebuah gambar atau ilustrasi dalam jumlah tertentu atau dalam ukuran yang besar. Area ini bisa discroll untuk melihat keseluruhan area lembar kerja.

  9. Drawing Page
    Area yang digunakan untuk mengolah objek gambar atau dalam artian lain sebagai luasan bidang gambar dengan ukuran tertentu menyesuaikan ukuran kertas yang telah ditentukan. Segala objek atau gambar yang berada di luar Drawing Page tidak akan ikut tercetak saat diprint.

  10. Toolbox
    Area yang berisi pilihan tool dan mode menggambar yang keseluruhannya digunakan untuk membuat, mengolah, atau menyesuaikan objek dalam mendesain.

  11. Document Tab
    Area untuk menampilkan Tab dokumen yang sedang dibuka atau dikerjakan. Dengan document tab ini maka akan mempermudah pengguna dalam melakukan perpindahan dari dokumen satu ke dokumen lainnya.

  12. Document Palette
    Area untuk menampilkan warna yang pernah digunakan dalam dokumen yang sedang dibuka atau dikerjakan tersebut

  13. Document Navigator
    Area yang berada di kiri bawah di atas Document Palette ini berfungsi untuk melakukan perpindahan antar halaman atau antar Drawing Page. Dimana masih dalam satu tab dukumen yang sama. Melalui Document Navigator, maka pengguna bisa mengontrol perpindahan halaman dan bisa juga menambah halaman yang masih dalam satu file atau tab dokumen yang sama.

  14. Status Bar
    Area di dasar jendela aplikasi yang menampilkan informasi tentang suatu objek yang dipilih, seperti informasi jenis, ukuran, warna, dan resolusi. Selain itu, menampilkan juga informasi keberadaan kursor dengan detail

  15. Navigator
    Area yang berada disebelah kanan Document Navigator ini berfungsi untuk mengontrol tampilan Drawing Page seperti menggeser ke kanan atau ke kiri serta untuk memperbesar dan memperkecil tampilan Drawing Page.
Baca juga :

Sekian artikel tentang pengenalan bagian-bagian dari CorelDRAW berseta dengan fungsinya. Apabila dijabarkan dengan luas dan detail, maka bagian dari CorelDRAW sangatlah banyak. 15 bagian yang gw berikan itu, cukuplah untuk pemula yang ingin belajar CorelDRAW. Untuk selebihnya, akan diketahui dengan sendirinya seiiring rutinnya penggunaan software ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa bagikan juga artikel ini, agar makin banyak orang yang paham mengenai CorelDRAW secara umum. Sekian, Terima kasih..

disarikan dari berbagai sumber
Comments

Silakan Beri Komentar
EmoticonEmoticon