LANGKAH-LANGKAH BELAJAR CORELDRAW DARI NOLL: PASTI BISA! - Tutorial Seputar Teknologi

LANGKAH-LANGKAH BELAJAR CORELDRAW DARI NOLL: PASTI BISA!


Halo!
Kalian ingin belajar desain grafis? bingung mau menggunakan software apa? Bingung juga harus mulai dari mana?. Oke, tanpa basa-basi di sini gw mau nyaranin kalian yang mau mulai belajar desain grafis, yakni dengan menggunakan software CorelDRAW. Kenapa CorelDRAW? lalu harus mulai dari mana kl ingin belajar desain grafis dengan menggunakan CorelDRAW? Simak lebih lanjut artikel ini.


Mengenal CorelDRAW

Apa itu CorelDRAW? CorelDRAW adalah salah satu software desain grafis berbasis vector yang saat ini tak jarang para desainer terkenal dan profesional (baik dari dalam negeri maupun luar negeri) gunakan. Apa maksud dari berbasis vector? Jadi, Bila kita bandingkan dengan software lain, semisal Photoshop, maka bisa dibilang keduanya berbeda. Apabila suatu gambar/object yang kita buat dengan menggunakan CorelDRAW, lalu kita zoom in (diperbesar), maka gambar/object tersebut tidak akan pecah atau blur. Lain hal dengan software Photoshop, karena berbasis bitmap, maka apabila suatu gambar/object yang kita buat di lakukan zoom in (diperbesar) tampilannya akan terlihat pecah atau blur. Sampai sini, kalian sudah paham ya, apa perbedaan software desain yang berbasis vector dengan yang berbasis non-vector (bitmap). Mengapa CorelDRAW? Pertanyaan yang sering dipertanyakan. Jawaban dari pertanyaan ini, gw bisa bilang simpel. Hal yang paling mendasar mengapa banyak orang yang menggunakan CorelDRAW ialah karena software ini mudah untuk dioperasikan, termasuk untuk pemula sekalipun. Konsep dari CorelDRAW sendiri sebenarnya sama bila dibandingkan dengan software lain, semisal dari produk Adobe, yakni Adobe Illustrator (AI). Bila kalian bertanya, "mending CorelDRAW atau AI?", gw sendiri ga bisa jawab pasti, karena kedua software ini tak jauh berbeda. Jadi, bisa disimpulkan bahwa semua itu kembali lagi pada diri sendiri. Yang akan melakukan desain dikemudian hari ialah dirimu sendiri, bukan orang lain. Setiap orang pasti punya perspektif sendiri-sendiri dalam memilih suatu software, entah itu software untuk desain grafis, video editing, atau yang lainnya.

Pada artikel ini, gw bakalan kasih tau kalian, gmana langkah untuk belajar desain grafis dengan bantuan software CorelDRAW. Di sini, gw bakalan kasi sesuai dengan pengalaman gw pribadi. Silakan kalian bisa mengikuti atau kalian bisa menemukan kePWan kalian sendiri dalam belajar mengenal ataupun menggunakan CorelDRAW. 


Langkah-langkah Belajar CorelDRAW dari Noll

  1. Meng-install Software CorelDRAW
    Langkah paling awal untuk seorang pemula yang ingin belajar desain grafis dengan CorelDRAW, pastinya ialah dengan menginstal softwarenya. Sangat tidak efektif, bilamana kalian hanya melihat-lihat desain orang dan tau proses pembuatannya, tapi tidak mempraktekkannya atau menerapkannya secara langsung.
    Bagaimana mendapatkan software CorelDRAW? Kalian yang belum punya software CorelDRAW, gw bakalan kasi link download CorelDRAW X7 (versi yang gw pake juga) di artikel yang berbeda dengan ini. 

    Baca :
    DOWNLOAD SOFTWARE CORELDRAW X7

    Sebelum kalian download, mohon diperhatikan, bahwa untuk bisa menjalankan software CorelDRAW itu, harus ada beberapa prasyarat mengenai spesifikasi dari laptop/PC kalian. Jadi, silakan sebelum download, kalian cek dulu spesifikasi dari laptop kalian, apakah mumpuni atau tidak. Berikut ini spesifikasi minimal untuk dapat mengoperasikan software CorelDRAW X7 tersebut;
    Spesifikasi Minimal CorelDRAW X7
    Sistem Operasi: Windows 7 SP1/ Windows 8/8.1/ Win 10 32 bit & 64 bit
    Processor: Intel Core 2 Duo atau AMD Athlon 64 atau yg lebih besar
    Memori RAM: 2 GB atau yg lebih besar
    Hardisk Kosong: 1 GB (Disarankan 2GB lebih)
    Resolusi layar/Monitor: 1280 x 768
    Apabila spesifikasi laptop/PC kalian tidak memenuhi prasyarat minimal itu, silakan kalian gunakan CorelDRAW yang versinya dibawah X7 (kalian bisa cari dan download di google), hal ini karena semakin tinggi versi corelDRAW, maka biasanya akan makin berat. Jadi, jangan asal-asalan ya, agar nantinya kalian tidak menemukan hal yang tak diinginkan sama sekali oleh semua desainner, yakni terjadinya "not responding" saat digunakan.

  2. Mempelajari sekaligus memahami fitur-fitur yang tersedia pada CorelDRAW
    Yak, setelah berhasil mendownload software CorelDRAW, langkah selanjutnya ialah kalian perlu mempelajari sekaligus memahami semua fitur-fitur yang disediakan CorelDRAW termasuk tools-tools nya dan shortcutnya. Hal paling penting ialah kalian harus memahami satu per satu tools-tools yang ada dulu, agar kalian bisa lancar dalam mendesain di CorelDRAW ini. Ingat belajar memahami bukan menghafal. Karena semakin seringnya kalian berlatih, maka akan dengan sendirinya kegunaan dari tools-tools itu kalian ingat atau kalian hafal. Sementara untuk shortcut, itu hanyalah sebuah bantuan saja, agar bisa mempercepat pekerjaan. Silakan kalian boleh pahami juga shortcut-shortcut yang ada. Namun, untuk awal-awal, kalian bisa hanya sekedar paham sembari mempraktekannya terus-menerus, karena dengan mempraktekannya terus-menerus, kalian akan ingat dan hafal sendirinya. Menurut gw, yang terpenting di sini, kalian paham dulu tools-tools yang ada beserta kegunaannya.

    Baca :
    MENGENAL BAGIAN-BAGIAN CORELDRAW BESERTA FUNGSINYA

  3. Banyak melihat karya desain orang-orang dan timbulkan rasa ingin tau
    Langkah selanjutnya dari gw ialah banyakin melihat-lihat desain dari orang lain, entah itu desain poster, desain template, atau desain apapun dan timbulkan rasa ingin tau lebih jauh. Ingin tau lebih jauh disini maksudnya ialah ingin tau cara membuatnya, cara memunculkan ide desainnya, dan lain lain. Mengapa gw ngelakuin langkah ketiga ini dan menyarankannya kembali ke kalian? Jawabannya ialah karena dengan banyak melihat karya orang dan menimbulkan rasa ingin tau yang jauh terhadap karya desain itu, maka secara ga sadar, otak kita menyimpan file atau memori dari karya desain orang tersebut, dan secara ga langsung juga bisa menimbulkan banyak inspirasi desain untuk diri sendiri. Karena inspirasi desain tidak bisa timbul dengan cepat, apalagi untuk pemula. Harus banyak-banyak mencari inspirasi, ya salah satunya adalah dengan melatih diri mulai dari sekarang untuk melihat-lihat karya desain orang. Bukan hanya sekedar melihatnya saja (sambil lalu), melainkan timbulkan rasa ingin tau yang lebih juga. Percayalah itu semua akan terpakai bila kalian sudah tau lebih lanjut mengenai dunia desain

  4. Mencari berbagai Tutorial atau cara mendesain dengan CorelDRAW
    Setelah kalian melihat banyak karya desain dan menimbulkan rasa ingin tau yang lebih terkait cara membuatnya, kali ini, kalian mencari tutorial atau cara untuk mendesain di CorelDRAW. Saat ini banyak sekali platform yang menyuguhkan berbagai karya desain sekaligus cara atau tutorial pembuatannya. Salah satunya di blog ini, gw bakalan kasi beberapa tutorial mengenai CorelDRAW. Kalian nantikan saja. Perlu diingat kembali, bahwa jangan hanya kalian lihat cara pembuatan desain suatu karya, tapi kalian harus ikut mempraktekkannya. Karena bilamana lama-lama kalian latih terus menerus, maka akan dengan sendirinya kalian terbiasa dengan CorelDRAW.

  5. Buat Karya ulang yang Serupa tapi tak sama
    Nha, setelah kalian belajar dari melihat tutorial ataupun belajar dari suatu blog cara mendesain dengan CorelDRAW dan kalian sembari mempraktekkannya juga. Kali ini langkah selanjutnya ialah kalian buat karya ulang dengan tanpa melihat tutorial atau blog. Kalian buat suatu karya ulang yang serupa tapi tak sama. Maksud gw disini, kalian bisa kembali membuat karya desain dengan mempergunakan tools yang sama (dengan yg telah kalian pelajari sebelumnya dari tutorial), namun wujud atau hasil desain yang berbeda. Misalnya yg kalian pelajari dari tutorial ialah membuat poster simpel dengan tools yang digunakan A,B,C,D, nha kemudian kalian buat ulang desain entah mau poster juga jenisnya ataupun berbeda (yang penting hasil tampilan desain akhirnya berbeda dengan yang sudah dipraktekkan sebelumnya dari tutorial) dengan menggunakan tools A,B,C,D juga.

  6. Konsisten
    Langkah trakhir yang gw sendiri terapin ialah konsisten. Dimana kita harus konsisten dalam belajar sebuah desain. Sering-seringlah melihat karya orang lain, timbulkan rasa ingin tau yang lebih, kemudian coba praktekkan buat sendiri, bila menemui kendala, searching dan melihat-lihat kembali tutorial-tutorial pembelajaran mengenai desain. Atau bahkan bilamana mungkin punya kenalan yang pintar dalam desain khususnya CorelDRAW, kalian bisa tanyakan langsung kendala kalian. Ulangi terus-menerus langkah itu hingga kalian bosen dan akhirnya mahir dalam menggunakan CorelDRAW untuk mendesain.
Demikian sedikit pembahasan gw mengenai belajar mendesain dengan CorelDRAW dan pengalaman gw pribadi dalam mempelajari CorelDRAW untuk mendesain. Semoga 6 langkah dalam belajar CorelDRAW dari noll yang gw bagiin bisa bermanfaat serta bisa menambah semangat kalian yang ingin belajar desain dengan CorelDRAW. Apabila ada pertanyaan yang ingin ditanyakan, silakan tulis pada kolom komentar, atau bisa juga contact gw langsung melalui form contact. Sekian dari gw, Terus semangat, Terima kasih..

Comments

Silakan Beri Komentar
EmoticonEmoticon