MYSQL DI XAMPP ERROR TIDAK MAU DIRUN? BEGINI CARA MENGATASINYA! - Tutorial Seputar Teknologi

MYSQL DI XAMPP ERROR TIDAK MAU DIRUN? BEGINI CARA MENGATASINYA!

xampp error
XAMPP error. dok. pribadi

Halo Hai sobat LokTutor..

  Gimana kabarnya sob? Sehat selalu yaa.. setelah lama banget admin ga ngepost, kali ini admin mau ngepost lagi buat sobat LokTutor. Kali ini admin mau berbagi cara untuk mengatasi MySQL di XAMPP yang error (tidak mau di run).

    Dikutip dari wikipedia, XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya ialah untuk server yang berdiri sendiri (localhost) di dalam perangkat masing-masing. XAMPP terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. 

  Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (tempat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. 

  Pernahkan sobat LokTutor mengalami XAMPP error seperti berikut ini? mysql shutdown unexpectedly


dok. pribadi
    

Atau jangan-jangan sobat sekarang ini lagi mengalami error seperti itu sehingga sobat bertanya-tanya pada mbah gugel dan akhirnya sobat menemukan blog ini. Nhah, sobat berada di tempat yang tepat. Admin akan membagikan cara untuk mengatasi XAMPP yang error tidak mau di run seperti pada contoh di atas. Bagaimana caranya? tanpa basa basi lagi, cekidot mari kita mulai...


MENGATASI XAMPP ERROR TIDAK MAU DI RUN

  1. Langkah pertama, silakan kalian masuk ke folder penyimpanan xampp. Biasanya folder tersebut berada pada directory :C kalian. Namun, jika pada saat penginstalan xampp kalian menaruh folder xampp tidak pada directory :C maka sesuaikan. Sebagai contoh, admin menyimpannya pada directory :D sehingga path nya sbb: 

  2. Setelah ketemu foldernya, buka folder xampp nya. Lalu masuk ke folder mysql.

  3. Di dalam folder mysql, kalian akan menemukan folder bernama data. 

  4. Kemudian, Lakukan rename pada folder data (contoh: rename menjadi data_old).

  5. Setelah itu, buat folder baru dan beri nama data. Sehingga, akan ada folder data dan data_old seperti berikut:

  6. Selanjutnya, copy kan semua file dan folder yang berada pada folder xampp>>mysql>>backup dan paste kan ke dalam folder data yang telah dibuat tadi.

  7. Lalu, pindahkan atau copy folder-folder database yang pernah kalian buat pada folder xampp>>mysql>>data_old ke dalam folder data yang baru saja diisi file & folder dari folder backup tadi.
    Perlu dicermati! untuk folder mysql, performance_schema, dan phpmyadmin tidak perlu di copy atau dipindahkan juga karena kita sudah punya folder-folder tersebut dari folder backup yang telah dicopy-pastekan sebelumnya.
    Disini admin contohkan dengan folder database yang admin miliki. Ini akan berbeda-beda tiap orangnya tergantung database yang dimiliki.

  8. Terakhir, copykan file ibdata1 yang berada pada folder xampp>>mysql>>data_old dan paste kan ke dalam folder data (ibdata1 di folder data direplace)


  9. Nhah, sampai sini, langkah untuk mengatasi XAMPP yang error tidak mau di run telah selesai. Sekarang coba buka kembali xampp kemudian jalankan Apache dan MySQL nya dengan menekan button start pada xampp control panel, coba amati baik-baik pada log di xampp control panel jika didapati hasil seperti berikut maka masalah error mysql shutdown unexpectedly sudah berhasil teratasi.

Bagaimana sob? sampai sini seharusnya MySQL di XAMPP sudah bisa dirun kembali. Itulah cara untuk mengatasi MySQL di XAMPP error tidak bisa dirun versi LokTutor. Semoga artikel ini bisa banyak membantu sobat yang sedang pusing menghadapi mysql di xampp yang error (mysql shutdown unexpectedly). Terima kasih sudah membaca.. Jangan lupa baca artikel lainnya.. 


Comments

Silakan Beri Komentar
EmoticonEmoticon