MEMBUAT PROJECT LARAVEL DI HOSTING BISA DIAKSES ONLINE DENGAN .htaccess - Tutorial Seputar Teknologi

MEMBUAT PROJECT LARAVEL DI HOSTING BISA DIAKSES ONLINE DENGAN .htaccess


Halo Sobat! 

Pernah mengalami, project Laravel sudah diupload ke hosting, tapi ketika domain diakses malah ga terdeteksi? Error 404 tidak ditemukan?. 

Error 404
dok.pri


Untuk menangani masalah ini, kalian berada di web yang tepat. Di artikel kali ini, admin akan membagikan kepada sobat codingers Laravel yang ingin project Laravel yang sudah diupload ke hosting bisa diakses sebagaimana mestinya. Memang pada dasarnya, framework Laravel memerlukan penanganan tambahan bila ingin dapat diakses sebagaimana mestinya. Tidak seperti website non framework (misal: php murni) yang kalau diupload ke hosting, langsung bisa diakses dengan mudah. 

Baca juga:

Cara untuk membuat project Laravel yang sudah terupload di hosting dapat diakses online (berjalan sebagaimana mestinya) bisa dilakukan dengan beberapa cara. Dapat menggunakan file index.php ataupun menggunakan .htaccess. Kali ini, admin akan membagikan cara dengan menggunakan .htaccess
Cara kerjanya dapat diumpamakan seperti berikut: Dengan menggunakan framework ini, kita memerlukan pengarah agar domain dari aplikasi yang dibuat langsung diarahkan ke public folder. Oleh karena itu, pengarah yang dimaksud ialah file index.php ataupun file .htaccess itu sendiri (kali ini kita coba dengan file .htaccess). Nanti, setiap kali mengakses domain dari aplikasi yang dibuat akan diarahkan langsung ke folder public. Misalnya domain aplikasi Laravel kita di https://nama_website.com maka akan langsung diarahkan oleh apache ke https://nama_website.com/public.
Ga ribet sama sekali dan pastinya mudah buat dilakuin. Kalian tinggal bikin file, lalu copy paste kan kodenya. Langsung saja tanpa basi-basi lagi, inilah cara membuat project Laravel di hosting bisa diakses online dengan .htaccess. Cekidott...


MEMBUAT PROJECT LARAVEL DI HOSTING BISA DIAKSES ONLINE DENGAN .htaccess

  1. Buat file baru di root folder laravel, beri nama file: .htaccess

  2. Kemudian copy pastekan kode berikut ke dalam file .htaccess tersebut.

    RewriteEngine on
    RewriteCond %{REQUEST_URI} !^public
    RewriteRule ^(.*)$ public/$1 [L]

  3. Simpan dan silakan coba restart. Project seharusnya sudah dapat diakses.

Itulah tutorial cara membuat project laravel di hosting bisa diakses online dengan .htaccess. Terima kasih sudah mampir dan jangan lupa baca artikel lainnya di blog ini yang pastinya seputar tutorial. Semoga bermanfaat.

Baca juga:


Comments

Silakan Beri Komentar
EmoticonEmoticon