INI DIA! 8 EKSTENSI VISUAL STUDIO CODE UNTUK PROGRAMMER LARAVEL - Tutorial Seputar Teknologi

INI DIA! 8 EKSTENSI VISUAL STUDIO CODE UNTUK PROGRAMMER LARAVEL


Hai sobat coding!

Laravel. Siapa tak mengenal salah satu framework satu ini? Sebagian besar programmer bahkan sobat sendiri yang datang ke halaman ini pastinya mengenal. Ya ato ya?
Laravel merupakan salah satu framework PHP yang paling banyak dibicarakan dan gunakan pada era saat ini. Laravel adalah sebuah framework website berbasis PHP yang tersedia secara gratis dan tentunya open source. Framework ini dikembangkan oleh Taylor Otwell dan ditujukan untuk pengembangan aplikasi web mengikuti pola arsitektur MVC (model-view-controller). Adapun beberapa keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan Framework ini, antara lain:
  • Pengujian Unit yang terbilang Easy (mudah)
  • Mekanisme keamanan tinggi
  • Dukungan komunitas yang kuat
  • Performa unggul
  • Powerful authentication
  • Migrasi Database
  • Multilingual capabilities

Seorang programmer tentu membutuhkan text editor yang dapat digunakan untuk membantu dalam pengembangan sebuah aplikasi. Ada banyak text editor yang dapat digunakan untuk pengembangan sebuah aplikasi atau untuk ngoding, salah satunya ialah Visual Studio Code. Pasti sobat coding sudah ga asing lagi dengan text editor ini. 
Namun, secara default text editor ini masih kurang membantu untuk pengembangan sebuah aplikasi, terutama untuk sobat yang menggunakan framework Laravel. Maka dari itu, diperlukan ekstensi tambahan untuk dapat lebih membantu para ngodingers laravel melakukan coding. Berikut ini admin sudah rangkum 8 ektensi Visual Studio Code yang dapat membantu mempercepat para ngodingers untuk mengembangkan sebuah aplikasi berbasis framework Laravel. Langsung saja, cekidot..

Baca juga :

Ekstensi Visual Studio Code untuk Programmer Laravel

  1. Laravel Blade Snippets

    Ekstensi ini akan sangat membantu programmer Laravel untuk code yang terletak di bagian view Laravel atau yang berformat .blade.php. Programmer akan sangat terbantu ketika ingin menuliskan code di bagian file blade. Itu karena ekstensi ini akan memberikan autocomplete untuk syntax - syntax blade seperti @if, @foreach, @include, @section, @push, @stack
    Link Ekstensi disini

  2. Laravel Artisan

    Ekstensi ini dibuat oleh Ryan Naddy dan digunakan untuk menjalankan perintah artisan menjadi mudah saat menggunakan Laravel. Ekstensi ini merupakan salah satu cara lain dalam menggunakan php artisan di terminal. Penggunaannya, bisa dengan kombinasi tombol `cmd + shift + p` untuk pengguna mac OS atau `ctrl + shift + p` untuk pengguna Windows / Linux, lalu kemudian ketik `artisan`.
    Link Ekstensi disini

  3. Laravel Blade Spacer

    Ekstensi ini salah satunya digunakan untuk membantu para programmer Laravel dalam hal ngoding nih. Dengan ekstensi ini, secara otomatis akan menambahkan spasi ke template blade kamu seperti ilustrasi gambar di atas. Selain itu, dengan ekstensi ini juga akan menambahkan penutup otomatis ketika kita mengetik `{{` atau `{!!` dalam file blade. Ini jelas akan sangat membantu programmer zaman now. Ya kann?
    Link Ekstensi disini

    Baca juga :
    MYSQL DI XAMPP ERROR TIDAK MAU DIRUN? BEGINI CARA MENGATASINYA!


  4. Laravel Model Snippets

    Ekstensi ini akan sangat membantu dalam proses mendefinisikan variabel atau fungsi relasi file Model yang sedang dikerjakan, contohnya $fillable, $table, $casts, dll. Penggunaannya bisa dimulai dengan mengetikkan Model:: lalu pintasan dari apa yang sedang dicari di dalam model yang sedang dikerjakan.
    Link Ekstensi disini

  5. Laravel Snippets

    Ekstensi ini digunakan sebagai snippets untuk Facades seperti Request::, Route::, dll. Selain itu, ekstensi ini juga dapat digunakan di VSCode saat membangun sebuah aplikasi. Programmer dengan adanya ekstensi ini tidak perlu lagi mengetikkan perintah Laravel yang panjang, cukup menggunakan prefiks seperti: Auth, Cache, Config, Route, Mail, View, dll.
    Link Ekstensi disini

  6. Laravel Go To View

    Ekstensi ini memungkinkan programmer untuk beralih halaman dari Controller atau Route ke halaman view. Penggunaannya ialah dengan mengetikkan Ctrl atau Alt + klik untuk melompat ke file Blade View pertama yang cocok. Ilustrasinya adalah seperti gambar di atas.
    Link Ekstensi disini


  7. Laravel Go To Controller

    Sama halnya dengan ekstensi sebelumnya. Ekstensi ini juga digunakan untuk membantu perpindahan halaman. Namun, bedanya untuk ekstensi ini, digunakan untuk beralih halaman dari Route ke halaman Controller. Penggunaannya juga kurang lebih sama dengan ekstensi Laravel go to View sebelumnya. Programmer dapat mengetikkan Ctrl atau Alt + klik.
    Link Ekstensi disini

  8. Laravel Doc

    Ekstensi satu ini dibuat untuk memudahkan programmer Laravel untuk menuju halaman dokumentasi Laravel. Dokumentasi Laravel pasti selalu dibutuhkan dikalangan programmer Laravel. Oleh karena itu, ekstensi ini hadir untuk membantu mempercepat programmer. Penggunaannya ialah dengan menekan `cmd + shift + p` untuk mac OS atau `ctrl + shift + p` untuk Windows / Linux.
    Link Ekstensi disini


Itulah 8 ekstensi yang dapat digunakan untuk mempercepat programmer Laravel dalam membangun sebuah aplikasi berbasis framework Laravel. Bila sobat telusuri lebih lanjut, sebenarnya masih banyak ekstensi yang disediakan VSCode untuk membantu dalam membuat program berbasis Laravel ini. Mungkin admin hanya memberikan 8 ekstensi yang cukup banyak digunakan oleh para kalangan pengguna VSCode. Jika sobat penasaran, sobat bisa langsung masuk ke website vscode untuk mengetahui lebih banyak lagi ekstensi yang disediakannya.

Baca juga :

Segini dulu artikel pada sesi pembahasan mengenai 8 ekstensi Visual Studio Code untuk programmer Laravel. Terima kasih sudah membaca, jangan lupa membagikannya juga. Sekian dan Terima Kasih. Sampai jumpa di artikel lainnya. Bye...


Comments

Silakan Beri Komentar
EmoticonEmoticon