CARA CEK IP ADDRESS DI LAPTOP - Tutorial Seputar Teknologi

CARA CEK IP ADDRESS DI LAPTOP

CARA CEK IP ADDRESS DI LAPTOP

Halo! 
Di zaman yang serba teknologi ini, kebanyakan manusia sudah menjadikan teknologi seperti laptop, handphone, dan sejenisnya sebagai salah satu hal penjunjang hidup. Sulit rasanya untuk jauh dari teknologi, yang mana semakin ke sini, perkembangannya kian pesat. Pada teknologi seperti laptop, handphone, dll pastinya memiliki IP Address. Apa itu IP Address? Bagi sebagian orang pasti sudah mengetahui yang dimaksud dengan IP Address. Namun, tidak sedikit juga orang yang belum mengetahui IP Address. Memang, IP Address ini seakan-akan tak dihiraukan oleh banyak pengguna teknologi. Akan tetapi, akan ada saatnya (seperti untuk set up internet), kalian memerlukan IP Address laptop/PC/handphone yang kalian gunakan. Maka dari itu, simaklah lebih lanjut artikel ini, untuk mengetahui cara mengecek IP Address.

Bila digambarkan, IP Address atau Internet Protocol Address merupakan representasi sebuah alamat rumah, dimana alamat rumah berguna sebagai identitas dari tempat tinggal pemilik/penghuninya. Begitu juga dengan IP Address, ialah berguna sebagai identitas sebuah alat/perangkat/peranti dalam jaringan internet. Layaknya alamat rumah, IP Address memiliki karakteristik masing-masing antar satu dengan yang lainnya. Setiap kombinasi angka dalam IP Address pasti unik, dimana setiap perangkat pasti memiliki IP Address yang berbeda. Karena memiliki fungsi sebagai identitas dalam jaringan internet, IP Address akan memberikan manfaat yang besar untuk pengguna perangkat seperti laptop/PC/handphone untuk berselancar dalam jaringan internet, yakni akan memberikan kemudahan aksesibilitas.

Baca Juga :

Jenis IP Address

Dalam sebuah perangkat, ada 2 jenis IP Address yang dilihat berdasarkan cakupannya, jenis tersebut yakni;
  1. IP Public
    Sejalan dengan namanya, IP Public memiliki cakupan yang luas. Jenis ini merupakan jenis IP Address yang diberikan dari penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP). Dengan IP Public, memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses internet.

  2. IP Private
    IP Privete tidak memiliki cakupan yang luas seperti IP Public. IP jenis ini digunakan untuk berkomunikasi secara lokal dengan tidak melalui jaringan internet, melainkan dengan Local Area Network (LAN).
Kedua jenis IP Address tersebut bisalah kita cek sendiri dengan mudah.


Mengecek IP Address

Untuk mengecek IP Public, kalian bisa sangat mudah mengeceknya dengan menggunakan berbagai situs yang menyediakan layanan cek IP Address. Berikut ini, beberapa situs yang bisa untuk cek IP Address;
  • whatsmyip.com
  • whatismyip.com
  • myip.com
  • ipconfig.me
Sedangkan untuk IP Private, cara mengeceknya ada beberapa cara yang bisa dipilih sesuai dengan sistem operasinya, diantaranya;


◼ Mengecek IP Address di Windows
  1. Melalui Command Prompt (CMD)
    Langkah-langkahnya adalah sbb:
    1) Klik menu start windows, kemudian ketikkan "CMD" atau "Command Prompt"
      Atau kalian bisa juga menggunakan shortcut, yakni tekan Windows dan R bersamaan (), lalu ketikkan "CMD" atau "Command Prompt".

    2) Setelah itu, ketikkan "ipconfig" lalu tekan enter


    3) Silakan kalian cari barisan yang bertuliskan "IPv4 Address". Itulah IP Address private kalian.

  2. Melalui Control Panel
    Langkah-langkahnya adalah sbb:
    1) Silakan kalian masuk ke Control Panel dengan klik menu start windows, kemudian ketikkan "Control Panel"
    2) Lalu, pada menu "Network and Internet", terdapat sub-menu "View Network Status and Tasks".Pilih sub-menu itu.
    3) Tampilannya akan menjadi kurang lebih seperti berikut ini. Silakan kalian klik pada tulisan Wi-Fi
    4) Setelah itu akan muncul tab baru, yakni Wi-Fi Status. Silakan kalian klik "Details"
    5) Sama dengan cara 1, Silakan kalian cari barisan yang bertuliskan "IPv4 Address". Itulah IP Address private kalian.

◼ Mengecek IP Address di Mac
  1. Klik ikon apple di sisi kiri atas menu bar, lalu pilih "System Preferences"
    doc wikiHow

  2. Akan muncul tab baru. Kemudian pilih "Network"
    doc wikiHow

  3. Selanjutnya kalian temukan Status dan Network name yang digunakan perangkat kalian. Di bawah tulisan Status Connected, ada tulisan berukuran kecil ‘WiFi is connected to .... and has the IP Address ……’. Kode di akhir merupakan IP Address Private kalian.
Baca Juga :

Demikian tutorial cara untuk cek IP Address di laptop kalian. Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan komen bila ada pertanyaan atau kritik saran. Sekian, Terima kasih.

Comments

Silakan Beri Komentar
EmoticonEmoticon